Upacara Adat Ngaben

Yuk Cari Tahu Tentang Budaya Bali!

Photo Source : www.doripos.com

Bicara soal Bali, seperti tidak pernah ada habis-habisnya. Tempat surganya para pelancong ini, ternyata tak hanya menyimpan titik-titik keindahan pariwisata yang bisa didatangi, akan tetapi Bali juga memiliki kebudayaan yang sangat luar biasa. Konon kebudayaan Bali sangat kental dipengaruhi oleh kuatnya kepercayaan Hindu yang ada. Sehingga tak heran, bila kita juga akan menjumpai seribu pure di Bali sebagai tempat peribadatan masyarakat Hindu.

Untuk mengetahui dan mengenal lebih dalam tentang budaya Bali, lapaktrip.com akan mengajak serta kamu dalam Fullday West Bali’s Culture. Kegiatan ini tak hanya mengajakmu sekadar berjalan-jalan, akan tetapi kamu juga bisa sekaligus mempelajari kebudayaan lokal yang dimiliki oleh Bali. Di paket ini, kamu juga akan diajak berkeliling kuil-kuil kuno, kamu bisa melihat secara langsung kuil peninggalan sejarah yang sampai saat ini masih terjaga dengan baik. 

Ada beberapa tradisi atau kebudayaan Bali yang harus kamu ketahui. Salah satunya adalah Upacara Ngaben, tradisi ini merupakan tradisi yang sudah turun temurun dari nenek moyang. Upacara ini bertujuan untuk menyucikan arwah orang yang sudah meninggal, yang dilakukan dengan cara membakar jenazah yang sudah diletakan dalam sebuah wadah tertentu. Jenazah akan dibakar hingga menjadi abu, kemudian abu dari sang jenazah akan dilarungkan ke laut atau sungai oleh pihak keluarga. Hal ini bermakna bahwa keluarga telah melepaskan jiwa jenazah agar bisa bersatu dengan sang pencipta.  

Salah satu tradisi Bali selanjutnya yang kuat dan kental adalah Tradisi Trunyan. Tradisi ini berasal dari Desa Trunyan Bali yang disebut Mepasah. Tradisi yang masih berkaitan dengan jenazah ini, adalah sebuah tradisi yang membiarkan jenazah terbaring di atas tanah. Jenazah ini akan dibatasi pagar bambu, sehingga pihak keluarga dan saudara bisa melihat jenazah secara jelas dan utuh. Di dekat pembaringan jenazah, terdapat pohon taru menyan yang mampu menyerap bau mayat. Usia pohon ini sudah ribuan tahun sehingga akarnya sangat besar, kokoh, dan mengakar kuat ke dalam tanah.   

Bali juga memiliki tradisi unik yang dinamakan Makotek. Tradisi ini merupakan ritual yang diselenggarakan seusai Hari Raya Kuningan di Desa Munggu, dengan tujuan menolak bala, menetralkan aura negarif, juga menjadi media untuk mempersatukan umat. Makotek akan dimulai dengan ritual jalan kaki mengelilingi Desa Munggu. Masing-masing peserta akan membawa tongkat dari bambu yang setelah itu mereka akan menyusun tongkat tersebut hingga membentuk piramida. Mereka akan menyusun piramida dari bambu tersebut dengan sangat kuat, kemudian setelah piramida dirasa sangat kuat, maka seseorang akan menaikki piramida tersebut. 

Selain upacara dan ritual, Bali juga memiliki tari tradisional yang dinamakan Tari Panji Semirang. Tarian ini melambangkan seorang puteri raja yang bernama Galuh Cadrakirana sebagai puteri yang menyamar menjadi seorang laki-laki sesudah kehilangan suaminya. Tari ini dibawakan oleh sekelompok wanita cantik lengkap dengan pakaian adat Bali. Itulah beberapa Kebudayaan Bali yang harus kamu ketahui, ya! Selebihnya kamu bisa mencarinya sendiri saat berwisata ke Bali.   

You May Also Like

Apa Itu Mitra Lapaktrip?

Apa Itu Mitra Lapaktrip?

Tipe - Tipe Destinasi Liburan Berdasarkabn Zodiak

Tipe Tipe Destinasi Liburan Berdasarkan Zodiak

Kenapa Liburan Pake Lapaktrip?

Kenapa Liburan Pake Lapaktrip?

Berkenalan Dengan Trippy, Maskot Dari Lapaktrip!

Berkenalan Dengan Trippy, Maskot Dari Lapaktrip!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *