Wisata Sejarah Taman Sari Yang Instagramable

Yogyakarta merupakan sebuah kota yang memiliki keberagaman yang sangat  beraneka ragam akan budayanya. Selain dikenal menjadi kota pelajar, ternyata banyak trmpat-tempat yang kekinian loh Sobat Lapaktrip. Salah satu tempat wisata yang wajib kamu datangi saat berkunjung ke Yogyakarta adalah Taman Sari.

Taman Sari ini adalah suatu tempat yang sudah berdiri sejak lama. Arti dari Taman Sari sendiri yaitu taman yang indah. Sesuai dengan namanya, tempat ini memiliki arsitektur yang artistic. Taman ini dibangun  oleh Raja Mataram bernama Sultan Hamengkubuwono I, pada tahun 1758-179. Taman ini dahulu digunakan untuk Raja Mataram untuk melakukan ritual mandi di waktu-waktu tertentu.  Istana air ini juga digunakan untuk tempat permandian oleh Raja, Putri Raja dan Permaisuri pada masanya. Bukan hanya pemandiannya saja yang menarik, tetapi disini memiliki spot-spot yang instragamable. Maka dari itu, tidak heran jika banyak wisatawan yang datang kesini bukan hanya untuk melihat sejarahnya saja tetapi juga sekaligus untuk melakukan hunting foto.

Courtesy : bakpiamutiarajogja.com

Kolam Air Taman Sari Yogya

Disini Sobat Lapaktrip akan menemukan 3 buah kolam yang salah satunya berada di dalam Istana Air Taman Sari dan memiliki nama yang masing-masing terdapat fungsinya yang berbeda.

Kolam pertama bernama Umbul Panguras adalah kolam khusus Raja. Kolam kedua bernama Umbul Kawitan yang di khususkan untuk Putri-Putri Raja. Kolam yang terakhir adalah bernama Umbul Pamucar dikhususkan untuk para selir-selir Raja.

Courtesy : indonesia-tourism

Sumur Gumuling

Sumur Gumiling menjadi salah satu spot instagramable yang menjadi favorit dari wisatawan. Siapa sangka, sumur ini bukan seperti sumur pada umumnya tetapi bagian bawah tanah dari mesjid.

Spot yang menarik banyak perhatian yaitu sumur yang dikelilingi oleh lima tangga. Mesjid ini memiliki tembok mesjid yang terbuat dari batu bata yang direkatkan satu sama lain dengan menggunakan bahan seperti putih telur. Siapa yang menyangka ternyata berbahan alami membuat tembok tersebut masih berdiri kokoh hingga sekarang.

Courtesy : instagram @alexandmadie

Pulo Kenanga

Sobat Lapaktrip akan menemukan puing-puing bangunan kuno. Pulo Kenanga ini dahulunya digunakan untuk tempat peristirahatan dan tempat yang dijadikan untuk pergelaran seni.

Situs Pulo Kenanga ini menyimpan banyak sejarah tentang kejayaan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Ketika menengok ke atas Sobat Lapaktrip akan disuguhkan dengan panorama sekitar Taman Sari yang menakjubkan. Disini Sobat Lapaktrip akan merasakan suasana bagaimana pada jaman dahulu keluarga kerjaan yang lalu lalang di tempat ini.

Kapan lagi berkunjung ke tempat yang bersejarah dan juga instagramable?

Klik sekarang disini http://bit.ly/lapaktrip-paket-yogyakarta

Cover Photo : instagram @palamitaa

You May Also Like

Apa Itu Mitra Lapaktrip?

Apa Itu Mitra Lapaktrip?

Tipe - Tipe Destinasi Liburan Berdasarkabn Zodiak

Tipe Tipe Destinasi Liburan Berdasarkan Zodiak

Kenapa Liburan Pake Lapaktrip?

Kenapa Liburan Pake Lapaktrip?

Berkenalan Dengan Trippy, Maskot Dari Lapaktrip!

Berkenalan Dengan Trippy, Maskot Dari Lapaktrip!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *