Sejarah Monas Yang Belum Banyak Diketahui Banyak Orang

Monumen Nasional atau yang biasa disebut dengan Monas merupakan sebuah lambang untuk ibu kota Jakarta. Sebuah tugu atau monumen setinggi 132 meter dan berdiri di atas lahan seluas 80 hektare. Monas dibangun untuk mengenang rakyat Indonesia melawan penjajahan Belanda.

Monas sudah menjadi salah satu destinasi wisata yang ramai di datangi dengan berbagai pengunjung yang asalnya tidak dari dalam kota saja tapi dari luar daerah.

Maka tidak heran jika dihari-hari libur, Monas dipadati dengan banyak pengunjung. Selain tarif masuk yang murah, disini Sobat Lapaktrip juga bisa mempelajari tentang sejara bangsa Indonesia loh Sobat Lapaktrip.

Pasti banyak dari Sobat Lapaktrip yang sudah mengenal Monas sebagai pusat destinasi bukan? tapi pasti banyak wisatawan yang belum mengetahui fakta-fakta tentang Monas.

Berikut fakta-fakta Monumen Nasional atau Monas :

Courtesy : wikiwand

Dibangun Selama 14 Tahun

Monas dibangun pada tanggal 17 Agustus 1996 tepat sehari sebelum hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-16.

Pada tanggal 12 Juli 1975 barulah tugu Monas ini selesai dibangun. Total lama dari pembangunan tugu selama 14 tahun lamanya. Peresmian tugu ini juga dilakukan oleh presiden kedua republik Indonesia yaitu Presiden Soeharto. Setelah itu tugu ini sudah dibuka untuk umum

Courtesy : travelingyuk

Bentuk Bangunan dan Lidah Api

Bangunan Monas ini berada dikeadalaman 8 meter dengan tinggi perlatan cawan dari dasar mencapai 17 meter. Sedangkan ukuran untuk bujur sangkar 45×45 meter.

Sobat Lapaktrip juga bisa masuk dan menaiki puncak Monas loh di ketinggian 115 meter. Puncak Monas berukuran 11×11 dan Sobat Lapaktrip dapat melihat pemandangan ibu kota Jakarta dari atas sini.

Pada bagian atas puncak monumen ini berbentuk lidah api yang terbiat dari emas murni loh Sobat Lapaktrip. Seorang saudagar bernama Teuku Markam menyumbang 28 kilogram emas untuk melapisi Lidah Api. Total berat dari emas di Lidah Api adalah 35 kilogram. Namun saat ulang tahun kemerdekaan Indonesia ke-50, lapisan emas ditambah 50 kilogram.

Lidah Api ini juga melambangkan semangat perjuangan rakyat Indonesia yang berkobar dan pantang menyerah saat melawan penjajah Belanda.

Courtesy : google

Lima Kali Ganti Nama

Sobat Lapaktrip tahu enggak sih? Ternyata Monas ini sudah berganti-ganti nama sebelum menjadi Monumen Nasional loh.

Nama-nama sebelum Monas yaitu Lapangan Gambir, Lapangan Ikada, Lapangan Merdeka, Lapangan Monas dan Taman Monas.

Monumen ini memiliki beberapa bagian yaitu Pintu Gerbang Utama, Ruang Museum Sejarah, Ruang Kemerdekaan, Pelataran Cawan, Puncak Tugu, Api Kemerdekaan, Badan Tugu. Ternyata seluruh ukuran yang terdapat di dalam tugu nasional sudah disesuaikan dengan angka hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia 17-08-1945.

Menarik sekali bukan? Yuk Sobat Lapaktrip yang belum pernah mengunjungi Monas nggak ada salahnya loh untuk berlibur akhir pekan ke Monumen Nasional ini. Mau keliling Jakarta dan ke Monas juga? Bisa juga loh! Yuk langsung pesan sekarang, klik http://bit.ly/lapaktrip-jakarta-tour

Cover Photo : city_data

You May Also Like

Apa Itu Mitra Lapaktrip?

Apa Itu Mitra Lapaktrip?

Tipe - Tipe Destinasi Liburan Berdasarkabn Zodiak

Tipe Tipe Destinasi Liburan Berdasarkan Zodiak

Kenapa Liburan Pake Lapaktrip?

Kenapa Liburan Pake Lapaktrip?

Berkenalan Dengan Trippy, Maskot Dari Lapaktrip!

Berkenalan Dengan Trippy, Maskot Dari Lapaktrip!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *