Mitos – Mitos Di Dataran Tinggi Dieng

Negeri Atas Awan atau biasa yang dikenal dengan Dieng memiliki pesona alam yang indah dan ternyata juga memiliki banyak cerita-cerita legenda yang menarik.

Terlepas dari keindahan Dataran Tinggi Dieng, ternyata beredar banyak mitos-mitos di Dataran Tinggi ini.

Penasaran ada mitos apa saja sih? Berikut 3 mitos yang beredar di masyarakat setempat,

Courtesy : go-wisata.com

Legenda Telaga Warna

Telaga warna merupakan destinasi wisata yang banyak menjadi tujuan wisata untuk para wisatawan saat berkunjung ke Dieng.

Telaga warna ini sendiri memiliki air yang berwarna kehijauan, sehingga akan semakin indah jika dilihat dari atas bukit dan sekitarnya.

Selain keindahannya ada mitos yang beredar bahwa telaga ini menyimpan kisah cinta seorang Putri yang cantik dengan dua orang ksatria. Pada saat itu sang Ratu bingung untuk memilih salah satu Ksatria tersebut untuk dinikahkan dengan anaknya yaitu sang Putri. Sehingga sang Ratu memberikan tantangan bagi siapa yang bisa membuatkan telaga, berhak menikahi sang Putri.

Pada saat waktu yang ditentukan habis ternyata Ksatria Pertama lebih dahulu selesai, sehingga Ksatria pertama yang berhak menikahi sang Putri. Tak lama, sang Ratu dan Putri pergi dan melihat telaga yang di buat oleh ksatria kedua dan sang Ratu sangat terkesima dan kagum.

Tidak lama kemudian, sang Ratu mengutuk Ksatria pertama menjadi naga untuk menjaga Samudra. Dan akhirnya Ksatria kedualah yang sebenarnya memenangkan tantangan tersebut dan menikahi sang Putri.

Courtesy : wovgo.com

Kawah Candradimuka asal kekuatan Gatotkaca

Kawah Candradimuka sebuah kawah yang hanya perlu menghabiskan waktu sekitar 30 menit dari Dieng.

Siapa yang disini tidak mengenal tokoh legenda bernama Gatotkaca? Mitos yang beredar mengatakan bahwa tokoh legenda tersebut mendapatkan kekuatan kuatnya berasal dari kawah Candradimuka. Konon ceritanya kekuatan tersebut didapatkan setelah mencelupkan ke dalam kawah Candradimuka.

Kawah ini memiliki air yang suhunya bisa mencapai 100 derajat celcius dan kandungan belerang yang tinggi, jadi jangan coba-coba untuk memegang air kawah ini ya Sobat Lapaktrip.

Courtesy : indonesiakaya.com

Goa Pengantin

Konon dari cerita legenda yang tersebar di Dieng, Dieng merupakan tempat persemayaman para Dewa karena kawasan Dieng memiliki banyak goa.

Di Dieng terkenal salah satu goa yang paling sering dan banyak dikunjungi oleh banyak wisatawan yaitu Goa Pengantim atau yang lebih dikenal dengan Couple Cave.

Kabarnya goa tersebut bisa mendatangkan jodoh loh Sobat Lapaktrip. Tapi Sobat Lapaktrip harus melaukan beberapa syaratnya, di antaranya harus bertapa di dalam gunung dengan sesaji tentunya. Tertarik Sobat Lapaktrip?

Ternyata selain menyimpan banyak keindahan, Dataran Tinggi Dieng juga memiliki banyak legenda yang menarik ya Sobat Lapaktrip!

Lapaktrip menyediakan paket liburan ke Dataran Tinggi Dieng loh Sobat Lapaktrip, tunggu apalagi?

Pesan sekarang! www.Lapaktrip.com

Cover Photo : kompas.com/anggarawikanprasetya

You May Also Like

Tempat Instagramable Di Malang

Tempat Instagramable Di Malang

Kenapa Travel Agent Harus Bergabung Dengan Lapaktrip?

Apa Itu Mitra Lapaktrip?

Apa Itu Mitra Lapaktrip?

Tipe - Tipe Destinasi Liburan Berdasarkabn Zodiak

Tipe Tipe Destinasi Liburan Berdasarkan Zodiak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *