Mengintip Keunikan Rumah Panggong, Belitung

Berkunjung ke Belitung jangan hanya untuk mengunjungi pulau-pulau dan pantai-pantai yang terkenal saja. Ngga ada salahnya loh untuk berwisata sejarah dan budaya saat berkunjung ke Belitung.

Salah satu wisata rumah adat juga bisa  menjadi alternatif jika ingin berwisata budaya dan sejarah. Sobat Lapaktrip dapat melihat rumah adat yang biasa disebut dengan Rumah Panggong. Di sebut Rumah Panggong karena bentuk dari rumah adat ini yang bentuknya berupa rumah panggung.

Fondasi dari rumah panggung ini sendiri dengan menggunakan batu granit dan terbuat dari kayu yang kokoh. Untuk lantainya sendiri menggunakan kayu ulin, tiang penyangga yang terbuat dari kayu nyatoh dan untuk atapnya sendiri menggunakan kayu medang dan seru.

Selain hal tersebut terdapat beberapa hal menarik loh tentang Rumah Panggong ini, yuk cari tahu!

Courtesy : Indonesiakaya.com

Jumlah Anak Tangga Bedakan Rumah Bangsawan / Rakyat Biasa

Hal menarik yang bisa Sobat Lapaktrip temukan yaitu dimana masyarakat bisa melihat perbedaan apakah orang yang tinggal tersebut bangsawan atau bukan hanya melihat dari jumlah tangga di depan rumah tersebut.

Perbedaannya sendiri bisa Sobat Lapaktrip lihat dari jumlah tangga dan bentuk rumah itu sendiri. Dimana jika bangsawan memiliki jumlah anak tangga yang banyak dan untuk penduduk biasa harus berjumlah tiga anak tangga. Dan dari jumlah ruangan yang dimiliki rumah tersebut. Bangsawan memiliki lima ruangan dan penduduk biasa hanya memiliki empat ruangan.

Courtesy : Indonesiakaya.com

Tidak Terdapat Sekat Antar Ruangan

Rumah Panggong ini memiliki konsep rumah adat yang tidak memiliki sekat di antara ruangan satu dengan ruangan yang lain.  Sehingga rumah adat ini terlihat sangat lapang dan sangat luas tentunya.

Rumah adat ini biasa dijadikan sebagai tempat untuk kumpul-kumpul keluarga, pengajian, hingga segala aktivitas kegiatan keluarga dapat dilakukan disini. Orang tua dan anak-anak juga akan tidur secara bersama-sama dengan menggunakan kasur tips atau tikar.

Courtesy : Indonesiakaya.com

Tamu Laki-Laki, Hanya Bisa Diterima di Teras

Salah satu keunikan dari aturan dirumah adat ini yaitu tamu laki-laki yang datang kerumah adat ini hanya bisa sampai di teras rumah saja. Sedangkan untuk perempuan harus langsung masuk ke bagian tengah dan bisa langsung ke dapur.

Ternyata rumah adat bukan hanya sekedar rumah adat saja ya Sobat Lapaktrip, selain kaya akan keunikan dari bentuk rumahnya sendiri ternyata juga memiliki banyak fakta-fakta yang unik. Langsung saja meluncur ke Belitung yuk!

Langsung pesan paket liburan Belitung kamu untuk akhir tahun ya, di www.Lapaktrip.com

Cover Photo : Pesonatravel

You May Also Like

Tempat Instagramable Di Malang

Tempat Instagramable Di Malang

Kenapa Travel Agent Harus Bergabung Dengan Lapaktrip?

Apa Itu Mitra Lapaktrip?

Apa Itu Mitra Lapaktrip?

Tipe - Tipe Destinasi Liburan Berdasarkabn Zodiak

Tipe Tipe Destinasi Liburan Berdasarkan Zodiak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *