Mengenal Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika

Mandalika sendiri berasal dari nama seorang putri dari pasangan Raja Tonjang Beru dan Dewi Seranting yaitu Putri Mandalika yang dikenal dengan parasnya yang cantik dan rupawan. Setiap tahunnya masyarakat dari Lombok Tengah merayakan upacara Bau Nyale yaitu ritual mencari cacing laut yang dipercaya menjadi jelmaan dari Putri Mandalika.

’Bau’ berasal dari Bahasa Sasak yang artinya mencari dan ‘nyale’ berarti hewan laut yang menyerupai.  Perayaan upacara ini cukup unik dan menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan lokal maupun internasional. Perayaan upacara ini sudah dijadikan Festival Bau Nyale yang diadakan setiap tahunnya oleh pemerintah daerah Lombok Tengah.

Pantai Kuta sendiri sekarang menjadi lokasi yang lebih berkembang dibandingkan dengan lokasi-lokasi lain yang ada di Mandalika. Tapi lokasi lain di Mandalika sendiri tidak kalah indah dari Pantai Kuta sendiri. Pantai Kuta memiliki garis pantai yang sangat panjang dan terdapat pemandangan bukit-bukit kecil yang membuat khas pantainya. Pasir pantainya pun tidak perlu diragukan lagi, pasirnya yang berwarna putih dan warna air laut disini yang masih berwarna sangat biru.

Courtesy : Lapaktrip

Potensi yang dimiliki Mandalika tidak dapat diragukan lagi keindahannya. Sehingga Pemerintah RI bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Kabupaten Lombok Tengah untuk mengembangkan Mandalika menjadi sektor pariwisata. Mandalika sekarang lebih sering disebut dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika terletak dibagian Selatan Pulau Lombok, dengan luas area sebesar 1.035,67 Ha dan menghadap ke Samudera Hindia. KEK Mandalika digadang-gadang akan menjadi sektor pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat yang sangat berpotensial.

KEK Mandalika memiliki konsep pengembangan pariwisata berwawasan lingkungan dengan pembangunan hotel-hotel, obyek-obyek wisata, konvensi, sarana transportasi dan daya tarik wisata yang selalu berorientasi pada kelestarian nilai dan kualitas lingkungan hidup yang ada di masyarakat.

Sirkuit motor GP yang sedang dibangun, nantinya akan menjadi sirkuit pertama yang berkonsep Sirkuit Jalan Raya di Indonesia dan siap untuk melaksanakan event-event balap kelas dunia. Kawasan KEK Mandalika diprediksi akan menarik banyak wisatawan lokal maupun internasional setelah semua pembangunan infrastuktur selesai dan diharapkan dapat dikenal menjadi destinasi wisata kelas dunia.

Cover photo : Pesona Travel

You May Also Like

Apa Itu Mitra Lapaktrip?

Apa Itu Mitra Lapaktrip?

Tipe - Tipe Destinasi Liburan Berdasarkabn Zodiak

Tipe Tipe Destinasi Liburan Berdasarkan Zodiak

Kenapa Liburan Pake Lapaktrip?

Kenapa Liburan Pake Lapaktrip?

Berkenalan Dengan Trippy, Maskot Dari Lapaktrip!

Berkenalan Dengan Trippy, Maskot Dari Lapaktrip!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *