KOTA TUA JAKARTA

Jakarta menjadi saksi bisu dan memiliki riwayat yang panjang dalam masa penjajahan Belanda hingga sekarang Indonesia telah merdeka.

Perjalan sejarah tersebut dapat kita pelajari hingga sekarang melalui Museum Fatahilah yang terletak di kawasan Kota Tua. Suasana Jakarta tempo dulu masih sangat terasa dan sangat kental di kawasan Kota Tua ini. Pada mulanya Kota Tua sendiri didirikan oleh Gubernur Jendral Abraham Van Riebeeck pada tahun 1710. Pembangunan gedung ini sendiri dimulai pada tahun 1620. Pada masa itu Kawasan Kota Tua bernama Batavia, dan menjadi pusat perdagangan luar negeri lewat jalur pelayaran.

Gedung tersebut sempat beberapa kali berubah perahlian fungsinya, seperti menjadi Kantor Pemerintahan Provinsi Jawa Barat, kantor pengumpulan logistik Dai Nippon, markas Komando Militer Kota , hingga pada tahun 1968 gedung ini secara resmi dikelola oleh Pemda DKI Jakarta dan diresmikan sebagai museum Sejarah Jakarta pada tanggal 30 Maret 1974 oleh Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin.

Courtesy : Genpi

Museum Fatahillah menyimpan 23.500 koleksi benda-benda bersejarah baik benda asli maupun replika. Koleksi yang tersimpan diantaranya seperti lukisan Gubernur Jendral VOC Hindia Belanda, alat pertukangan zaman prasejarah, persenjataan dan masih banyak lagi. Museum Fatahillah juga memamerkan ruangan-ruangan sesuai periode pada zamah dahulu. Seperti Ruang Sultan Agung, Ruang Fatahillah, Ruang MH Thamrin dan sebagainya.

Museum Fathalillah juga memiliki ruang tahanan ketika masa VOC, yang menjadi penjara utama di Kota Batavia. Di bawah Gedung utama juga terdapat penjara yang pada masa itu ruangannya sangat buruk dan tidak terdapat ventilasi juga cahaya matahari yang tidak bisa masuk kedalam ruangan penjara tersebut .

Selain museum, di Kota Tua juga terdapat berbagai bangunan arsitektur pada zaman Belanda yang menduduki Kota Tua. Disini kita juga dapat menelusuri jalan-jalan Art Street, berfoto dengan orang-orang yang berdandan ala orang-orang Belanda dan ada orang-orang yang berdandan ala patung tantara emas dan masih banyak lagi.

Liburan sambil belajar sejarah enggak ada salahnya loh Sobat Lapaktrip. Ingin mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Jakarta sangat mudah loh, tinggal klik http://bit.ly/lapaktrip-jakarta-tour langsung berangkat deh!

Cover Photo : indovisual

You May Also Like

Apa Itu Mitra Lapaktrip?

Apa Itu Mitra Lapaktrip?

Tipe - Tipe Destinasi Liburan Berdasarkabn Zodiak

Tipe Tipe Destinasi Liburan Berdasarkan Zodiak

Kenapa Liburan Pake Lapaktrip?

Kenapa Liburan Pake Lapaktrip?

Berkenalan Dengan Trippy, Maskot Dari Lapaktrip!

Berkenalan Dengan Trippy, Maskot Dari Lapaktrip!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *