Dramatic Kecak Uluwatu

Tari Kecak adalah salah satu seni tari tradisional yang berasal dari Bali. Kesenian tradisional ini dipopulerkan pada kisaran tahun 1930 oleh seorang seniman yang berasal dari Bali yaitu Wayan Limbak. Sebagai seorang seniman, Wayan Limbak mempunyai seorang teman yang bernama Walter Spies yang merupakan seorang seniman yang berasal dari Jerman. Dari pertemanan kedunya, mereka menciptakan Tari Kecak yang di adaptasi secara tidak sengaja dari sebuah tarian adat yang disebut dengan Sahanyang. Sahanyang adalah salah satu jenis tarian dari Bali yang dilakukan dalam upacara spiritual untuk mengusir wabah penyakit.

Tari kecak biasa disebut dengan Tari Cak atau tari api. Tari Kecak sendiri diambil dari suara tariannya sendiri dari kata “ cak, cak, cak “ yang diucapkan secara serantak disepanjang pertunjukan berlangsung.

Tarian ini dilakukan oleh para penari laki-laki yang duduk secara melingkar, memakai kain pengikat kotak-kotak, menangkat kedua lengan sambil mengucapkan “ cak, cak, cak “ secara bersama-bersama. Uniknya tarian ini tidak diiringi oleh musik pengiring tetapi hanya suara “cak” selama pertunjukan berlangsung. Jumlah penari kecak pun beraneka ragam, dari puluhan orang hingga ribuan orang. Hingga pernah memecahkan rekor dunia dengan menari dengan jumlah sekitar lima ribu orang.  

Tari Kecak sendiri mengambil penggalan kisah dari cerita Ramayana, saat barisan kera membantu Rama melawan Rahwana. Berbeda dengan penari kecak, yang hanya bertelanjang dada disertai dengan kain pengikat kotak-kotak yang melingkari pinggang mereka. Para tokoh Rama, Shinta, Rahwana, Hanoman dan Sugriwa memakai pakaian tradisional seperti pertunjukan Ketoprak.

Setelah pertunjukan cerita Ramayana selesai, pertunjukan dilanjutkan dengan tarian Sanghyang Dedari dan Sanghyang Jaran yang para penarinya diyakini dimasuki oleh roh halus, sehingga penari dapat menari di atas bara api tanpa terluka sama sekali. Di tambah ritme yang diucapkan secara bersamaan oleh penari menambah kesan mistis dipertunjukan ini.

Tari Kecak mengalami perkembangan dari tahun ketahun, dapat dilihat dari segi cerita yang tidak hanya berfokus pada satu kisah Ramayana saja. Dari segi pementasan juga mulai berkembang pesat. Dimana tari Kecak sudah dapat kita ditemui diberbagai daerah di Bali. Tak hanya masyarakat Bali yang tertarik untuk menyaksikan tetapi banyaknya wisatawan asing yang ingin menyaksikan pertunjukan dari seni tari ini. Dengan kata lain Tari Kecak sudah mulai mendunia.

Pesan sekarang di http://bit.ly/lapaktrip-tari-kecak-bali untuk menyaksikan secara langsung!

Courtesy : Balidia.com , Bali-99.com

You May Also Like

Apa Itu Mitra Lapaktrip?

Apa Itu Mitra Lapaktrip?

Tipe - Tipe Destinasi Liburan Berdasarkabn Zodiak

Tipe Tipe Destinasi Liburan Berdasarkan Zodiak

Kenapa Liburan Pake Lapaktrip?

Kenapa Liburan Pake Lapaktrip?

Berkenalan Dengan Trippy, Maskot Dari Lapaktrip!

Berkenalan Dengan Trippy, Maskot Dari Lapaktrip!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *