Danau 3 Warna di Indonesia

Indonesia dikenal dengan pesona alamnya yang sangat indah. Kepulauan, gunung, pantai, laut dan lain sebagainya. Salah satu kekayaan alam yang Indonesia miliki yaitu Gunung Kelimutu.

Gunung Kelimutu adalah salah satu gunung berapi yang masih aktif di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Gunung Kelimutu memiliki ketinggian 1.639 meter dan memiliki danau 3 warna yang akan menambah pesona dari gunung ini, yaitu Danau Kelimutu.

Danau Kelimutu terletak di kawah Kelimutu. Danau ini memiliki luas 1.051.000 meter persegi dengan volume air di dalamnya sejumlah 1.296 juta meter kubik. Ketinggian dinding antara 50 meter hingga 150 meter. Dinding dari danau ini sendiri terbilang cukup terjal. Selain memiliki 3 warna, keunikan dari danau ini sendiri yaitu danau ini seringkali memberikan warna yang berbeda.

Terdapat 3 warna pada danau ini, yaitu merah, biru, dan putih, Setiap waktu warna-warna yang ada di danau akan berubah warnanya.

Penyebab dari perubahan dari Danau Kelimutu ini sendiri masih belum diketahui dengan pasti apa penyebabnya. Namun banyak peneliti yang melakukan penelitian dari danau ini yang mengatakan, jika perubahan ini terjadi karena letusan dari gunung berapi, yang terjadi akibatnya perubahan dari suhu, mikroba, dan gas. Ada pula yang berpendapat jika perubahan ini akibat dari aktivitas gunung berapi yang mengalami erupsi dan menghasilkan gas secara terus-menerus.

Nama dari ” Kelimutu ” sendiri memiliki arti dan diambil dari 2 suku kata Keli dan Mutu.

Kei sendiri yang memiliki arti Gunung, sedangkan untuk Mutu sendiri memiliki arti Mendidih. Kei dan Mutu sendiri merupakan bahasa dari masyarakat setempat, Desa Pemo tepatnya.

Courtesy : manusialembah

Masyarakat setempat memiliki upacara ritual yang kerap kali dilakukan di tepi danau, seperti ritual “Pati Ka” yang memiliki arti “Makan”. Ritual ini memiliki tujuan untuk memberikan makan untuk danau Kelimutu.

Prosesi ini dimulai dengan tari gawi di lapangan Tugu Puncak Kelimutu. Ritual ini memberikan ayam dan sejumput sirih pinang yang sifatnya diberikan khususnya untuk arwah penunggu kelimutu dan leluhur.

Hal ini di adaptasi dari cerita rakyat, dimana awalnya terdapat dua orang yang berteman baik yaitu Ata Polo, seorang penyihir jahat yang suka memakan manusia dan Ata Bupu, seorang tokoh yang dihormati karena sifatnya yang berbelas kasih.

Pada suatu saat, Ata Bupu menerima permintaan tolong sepasang anak yatim yang meminta perlindungan, tetapi anak-anak yatim tersebut dilarang untuk meningglakan ladangnya, sebagai syaratnya. Pada suatu saat sepasang anak yatim itu pergi dari ladang, dan Ata bupu segera mencari anak-anak tersebut. Ternyata niat jahat Ata Polo untuk memakan anak-anak tersebut terhalang oleh Ata Bupu. Lalu Ata Bupu menyarankan untuk memakan Ata Polo untuk memakan mereka saat mereka sudah dewasa, saran tersebut diterima oleh penyihir jahat.

Namun pada saat anak-anak tersebut mulai remaja, mereka bersembunyi dan Ata Polo  murka karena merasa dikhianati. Sehingga timbul perkelahian ke-2 nya dan menumbulklan gempa bumi dan kebakaran besar hingga ke Kaki Gunung Kelimutu. Semakin lama, Ata Bupu tak mampu untuk menandingi dan memutuskan untuk raib ke bumi. Namun Ata Polo dan kedua remaja tersebut juga ikut ditelan bumi.

Mengapa danau berwarna menjadi warna biru, dikarenakan terbentuk dari Ata Bupu yang raib ke bumi, danau berwarna merah darah bergolak yang dimana tempat Ata Polo tewas, sedangkan persembunyian anak-anak tersebut berwana air hijau tenang.

Pesona dan kearifan lokal disini sudah tidak bisa dipungkiri lagi, hingga sekarang Danau 3 warna ini sudah dikenal oleh berbagai penjuru dunia.

Lapaktrip menyediakan paket wisata dimana, Sobat Lapaktrip dapat mengunjungi Danau Kelimutu dan tempat-tempat indah lainnya di Pulau Flores. Pesan sekarang di http://bit.ly/lapaktrip-danau-kelimutu

Cover Photo : Superadventure

You May Also Like

Apa Itu Mitra Lapaktrip?

Apa Itu Mitra Lapaktrip?

Tipe - Tipe Destinasi Liburan Berdasarkabn Zodiak

Tipe Tipe Destinasi Liburan Berdasarkan Zodiak

Kenapa Liburan Pake Lapaktrip?

Kenapa Liburan Pake Lapaktrip?

Berkenalan Dengan Trippy, Maskot Dari Lapaktrip!

Berkenalan Dengan Trippy, Maskot Dari Lapaktrip!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *