Beragam Perayaan Natal Unik Di Indonesia

Natal menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh kaum kristiani setiap tahunnya. Biasanya pada bulan Desember berbagai pusat perbelanjaan dan jalan-jalan sudah dihiasi dengan berbagai hiasan yang pastinya membawa suka cita. Pastinya nggak cuma untuk kaum nasrani saja tapi juga untuk non nasrani.

Perayaan Natal memang identik dengan hiasan dan pohon natal pastinya. Ternyata di berbagai daerah di Indonesia memiliki ragam budaya untuk merayakan Natal loh. Bahkan budaya ini hanya bisa ditemukan di Indonesia saja. Penasaran bukan? Yuk simak!

Courtesy : tokopenjorbali

1. Ngejot dan Penjor, Bali

Siapa sangka ternyata Bali yang identik dengan masyarakatnya yang mayoritas beragama Hindu juga memiliki tradisi yang khas loh ketika menyambut Natal loh yaitu Ngejot dan Penjor.

Ngejot merupakan sebuah tradisi yang membagikan sebuah bingkisan yang isinya merupakan makanan khas Bali. Ternyata tradisi ini sama dilakukannya ketika umat Hindu merayakan Hari Raya Galungan loh Sobat Lapaktrip.

Sedangkan Penjor adalah dimana rumah-rumah dan gereja yang akan dipasang janur kuning sebagai tanda perayaan Natal.

Courtesy : Foto/blogs.transparent.com

2. Kunci Taon, Manado

Masyarakat Manado memiliki tradisi yang khas untuk merayakan Natal loh yaitu perayaan Kunci Taon yang artinya ” Pengunci Tahun “.

Daerah yang mayoritasnya ini beragama Kristen, menjadikan penanda perayaan Natal dan sekaligus perayaan penutup tahun.

Festival Kunci Tao ini diadakan dengan adanya berbagai festival menggunakan berbagai kostum Natal dan berkeliling kota. Bagi masyarakat Manado perayaan ini bisanya dilakukan mulai Desember karena bagi masyarakat Manado sukacita Natal harus dirayakan sepanjang bulan.

Image result for Wayang Kulit Kristus, Yogyakarta
Courtesy : pojokseni

3. Wayang Kulit Kristus, Yogyakarta

Yogyakarta merupakan sebuah daerah yang kental akan budaya dan seni du Pulau Jawa.

Masyarakat Yogyakarta ternyata memiliki suatu tradisi yang unik loh untuk merayakan Natal yaitu dengan melakukan pertunjukan wayang tetapi cerita yang di ceritakan tentang kelahiran Yesus Kristus.

Courtesy : Foto/Koran Seruya

4. Rabo-Rabo, Jakarta

Siapa sangka Jakarta yang terkenal dengan kota yang modern dan gereja-gereja yang sudah modern ternyata masih ada loh suku-suku Betawi yang merayakan Natal dengan cara-cara unik.

Rabo-Rabo merupakan sebuah tradisi yang dilakukan dengan memainkan lagu bertema Natal tetapi dengan iringan musik keroncong dan sambil berkeliling dari rumah-kerumah.

Di akhir acara orang-orang akan diberikan bedak dimukanya, yang artinya bentuk penebusan dosa dan saling memaafkan dari masa lalu.

Courtesy : intisari.grid.id

5. Bakar Batu, Papua

Tradisi yang tak kalah unik yaitu datang dari Papua, Bakar Batu.
Bakar Batu sendiri merupakan tradisi yang dimana membakar berbagai jenis makana di atas batu yang dibakar.

Prosesnya yaitu seperti makanan seperti ikan atau daging diletakan di dalam kayu bakar dan kemudia ditutup dengan batu. Panas dari kayu akan berpindah ke batu dan batu akan membuat makanan menjadi matang dan lezat pastinya. Setelah itu makanan siap disantap bersama-sama di atas daun.

Itulah beberapa ragam tradisi di berbagai daerah untuk menyambut Natal, bagaimana dengan perayaan Natal di daerah Sobat Lapaktrip? Yuk ceritain pengalamanmu!

Cover Photo : Shutterstock

You May Also Like

Apa Itu Mitra Lapaktrip?

Apa Itu Mitra Lapaktrip?

Tipe - Tipe Destinasi Liburan Berdasarkabn Zodiak

Tipe Tipe Destinasi Liburan Berdasarkan Zodiak

Kenapa Liburan Pake Lapaktrip?

Kenapa Liburan Pake Lapaktrip?

Berkenalan Dengan Trippy, Maskot Dari Lapaktrip!

Berkenalan Dengan Trippy, Maskot Dari Lapaktrip!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *